Business

Harga Bitcoin Tembus Rekor Baru Karena Efek Elon Musk dan Tesla

Perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal AS, Tesla disampaikan sudah beli mata uang digital bitcoin sebesar 1,5 miliar dollar AS (sejumlah Rp 21 triliun) pada Senin (8/2/2021).

Tindakan yang dilaksanakan Tesla itu ternyata ikut mengangkat harga bitcoin sampai 16 %, tembus ke tingkat paling tinggi selama hidup (all-time high), pada harga 45.000 dollar AS (sejumlah Rp 630 juta) per koinnya.

Tetapi harga bitcoin sekarang sedikit turun dari rekor terbaru pada Senin kemarin. Penilaian KompasTekno di situs Statista, harga bitcoin ada di angka 38.461 dollar AS saat informasi ini disiarkan.

Dengan melakukan investasi ke bitcoin, Tesla berniat untuk tawarkan sistem pembayaran berbentuk asset cryptocurrency ke customer, yang ingin beli tiap produk mereka.

“Kami mengharap untuk mulai terima bitcoin sebagai wujud pembayaran untuk produk kami dalam kurun waktu dekat, runduk pada hukum yang berjalan,” kata Tesla, seperti digabungkan KompasTekno dari The Verge, Selasa (9/2/2021).

Awalnya, Tesla dijumpai sudah memberi imbas yang besar ke industri cryptocurrency. Dikenali aktif di sosial media, CEO Tesla, Elon Musk seringkali mengupload twit yang mengakibatkan mata uang kripto naik.

Beberapa lalu, Musk sempat pernah memberikan tagar #Bitcoin pada bio Twitter pribadinya. Tindakan itu lalu sukses membuat harga bitcoin membumbung sampai 20 %.

Harga bitcoin memang bertambah sejauh 2021, karena keinginan dari lembaga dan ritel bertambah.

Meskipun begitu, mata uang digital tetal dipandang rapuh, karena pada Januari 2021 lalu sempat pernah terjun sampai di bawah 30.000 dollar AS per keping.

Kecuali bitcoin, Musk sering mendongrak mata uang kripto Dogecoin. Bahkan juga, cukup banyak yang memandang twit Musk sebagai penanda atas naiknya nilai mata uang kripto itu.

Harga Dogecoin naik 35 % sesudah Musk tuliskan beberapa twit mengenai Dogecoin. Dalam kurun waktu 24 jam, harga Dogecoin melejit dari 0,048356 dollar AS ke 0,065448 dollar AS, peningkatan tertinggi yang pernah dirasakan Dogecoin.

Awalnya, Musk “berjasa” atas peningkatan Dogecoin sejumlah 59 % sesudah mengupload beberapa twit mengenai Dogecoin.

Pada 4 Februari lalu, Musk mengupload Twit berisi utas gambar roket SpaceX yang mengudara dan dituruti upload tertulis “Doge”.

Pada hari yang serupa, Twit itu dituruti dengan posting yang lain tertulis “Dogecoin ialah mata uang kripto warga”.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Matikan adblock untuk meneruskan membaca konten di Portal Satuwaktu.com